Jalan Kaliurang KM 13 Yogyakarta Indonesia +62 817209980

Post

Cat Duco untuk Kotak Cincin Kayu Jogja

Kotak Cincin Kayu Jogja dengan Finishing Duco

Pada pengerjaan kayu baik berupa furniture maupun kerajinan, salah satunya produk kotak cincin kayu jogja yang kami buat dapat menggunakan beberapa cara proses finishing.  Untuk jenis kotak cincin kayu jogja B1 finishing yang dilakukan adalah dengan menggunakan finishing jenis transparan menggunakan pernis.

Finishing transparan sangat cocok digunakan untuk jenis-jenis kayu yang mempunyai serat maupun corak kayu yang indah. Baca:

Wyna Kotak Cincin Kayu Jogja B2 dengan Sentuhan Serat Alami

untuk mengetahui jenis-jenis serat kayu.

Pada jenis kayu yang serat maupun coraknya tidak begitu indah atau tidak begitu terlihat, kita dapat melakukan dengan pekerjaan finishing warna. Finishing warna atau pengecatan yang sedang banyak diminati adalah cat duco.

Kotak Cincin Kayu Jogja D1

 

Pengerjaan Finishing dengan Cat Duco

Finishing yang paling sering digunakan saat ini adalah finishing duco. Finishing duco akan menghasilkan produk dengan warna yang solid, sehingga serat kayu tidak akan terlihat lagi. Finishing duco juga cocok digunakan untuk produk kotak cincin kayu jogja. Produk kotak cincin kayu jogja yang cocok di finishing  duco adalah produk-produk yang menggunakan bahan-bahan kayu yang tidak terlihat seratnya seperti kayu kamper dan bangkirai.

Finishing duco juga sangat cocok untuk aplikasi furniture, meja kursi, almari, booth pameran, mainan anak dan lain sebagainya. Pada furniture yang menggunakan bahan-bahan seperti mdf (medium density fireboard), triplek maupun multipleks dan block board juga cocok mengaplikasikan finishing duco.

Pengaplikasian finishing cat duco adalah dengan cara disemprot, tidak menggunakan kuas. Sehingga untuk produk kerajinan maupun kotak cincin kayu jogja, jika mengaplikasikan metode ini, jumlah pembuatannya harus dalam jumlah yang besar. Ketelitian dan kehati-hatian sangat dibutuhkan untuk aplikasi finishing duco.

kotak cincin kayu jogja
Finishing Duco
kotak cincin kayu jogja
Finishing Duco

Teknik penerapan finishing duco

Alat dan Bahan

Yang pertama kali dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah cat duco, primer coat, dempul, alat semprot, amplas dan wadah. Masker dibutuhkan untuk pengecat agar lebih aman dari bahan-bahan yang digunakan.

Pada tahap kedua adalah tahap persiapan bahan yang akan kita finishing atau kerjakan. Tempat melakukan cat duco juga harus sangat diperhatikan. Pilihlah tempat yang bersih dan usahakan tidak terkena debu. Karena, debu yang beterbangan dan melekat pada mebel yang akan kita cat akan merusak hasil mengecat yang dilakukan.

Selanjutnya adalah memastikan bahwa bahan yang akan di cat dalam kondisi bersih dan benar-benar kering agar cat dapat menempel dengan mudah sehingga pengerjaan finishing juga akan berjalan lancer. Hal ini yang perlu diperhatikan juga adalah pada saat kondisi kayu benar-benar kering, tidak aka ada lagi penyusutan yang terjadi pada kayu tersebut. Pada proses pengecatan duco untuk kerajinan kotak cincin kayu jogja, kotak cincin kayu jogja harus benar-benar dalam keadaan bersih.

Pengamplasan

Pada tahap yang ketiga yaitu tahap pengamplasan pertama. Cara ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan menyiapkan amplas dan gosokkan pada kayu atau mebel yang di finishing.

Pada tahap awal, amplas yang digunakan adalah amplas no 120. Semakin besar nilai amplas maka akan semakin besar tingkat kehalusan amplas tersebut. Pada pengerjaan ini, pengamplasan harus merata disemua bagian kayu.

Masker digunakan untuk melindungi pernafasan dari debu baik yang akan masuk melalui hidung maupun mulut. Setelah pengamplasan selesai, lap dengan kain kayu yang baru saja di amplas agar debu-debu yang tertinggal bisa hilang.

Penutupan Pori-pori Kayu

Tahap yang keempat adalah menutup pori-pori. Tahap ini dilakukan setelah tahap pengamplasan pertama. Cara menutup pori-pori adalah dengan menggunakan dempul. Agar dempul yang diaplikasikan dapat merata pada kayu, anda bisa menggunakan alat bantu kape. Tahap ini harus dikerjakan secara teliti agar tidak ada lagi pori-pori kayu yang terlihat dan semua bagian kayu tertutup sempurna. Proses ini juga sangat memerlukan kehati-hatian dalam pengerjaan kerajinan kotak cincin kayu jogja.

Setelah selesai mendempul tunggu agar kayu benar-benar kering. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam agar kayu kering sempurna, dengan catatan mendapat sinar matahari yang terik.

Pengamplasan Kedua

Pengamplasn kedua dilakukan pada saat kayu benar-benar pada posisi kering. Pengamplasan dapat dilakukan secara manual dengan tangan tanpa alat bantu. Pastikan menggosokannya merata pada semua bagian kayu sampai rata. Kayu harus rata dan tidak bergelombang untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Setelah pengamplasan selesai, lap dengan kain seperti yang dilakukan pada tahap pengamplasan pertama.

Penyemprotan / Pengecatan

Tahap kelima adalah menyemprot dengan primer coat. Langkah penyemprotan dengan primer coat adalah untuk menutup pori-pori kayu. Hal ini dilakukan agar mendapat hasil finishing duco yang lebih bagus dan sempurna. Untuk mendapatkan hasil warna yang maksimal pada lapisan duco tahap ini tidak boleh terlewatkan.

Tahap keenam adalah penyemprotan dengan cat duco. Setelah tahap sebelumnya yaitu menyemprot dengan primer coat sudah selesai dan benar-benar kering maka penyemprotan cat duco bisa dilakukan. Tempatkan cat duco pada wadah (sprayer) dan semprotkan secara merata pada mebel / kayu tanpa terlewatkan. Penyemprotan ini bisa dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tahap Akhir

Pada tahap terakhir yaitu dengan melapisi kayu dengan clear gloss agar mendapatkan hasil yang glossy. Warna glossy juga identik dengan warna yang menyala atau mengkilap. Pastikan lapisan ini juga menyeluruh pada permukaan kayu. Setelah kering, amplas kembali kayu secara ringan saja atau perlahan dan lapisi kembali dengan clear gloss untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan maksimal. Untuk produk kotak cincin kayu jogja, finishing gloss menambah kesan mewah. Sedangkan finishing doff akan memberi kesan kotak cincin kayu jogja terlihat elegan.

Beberapa tahap diatas adalah satu cara atau teknik untuk mendapatkan hasil finishing warna cat duco yang akan menghasilkan warna solid yang halus. Untuk saat ini pemilihan cat sudah sangat beragam. Ada dua jenis bahan dasar cat yaitu bahan dasar dengan minyak dan bahan dasar dengan air. Untuk lebih amannya kita bisa memilih cat yang berbahan dasar air atau yang biasa disebut juga water based. Produk cat berbahan dasar air atau waterbased sangat cocok untuk produk kotak cincin kayu jogja maupun jenis kerajinan yang lain, dimana produk-produk tersebut sering sekali bersentuhan dengan tangan.

kotak cincin kayu jogja
Kotak Cincin Kayu Jogja C1 dengan bahan Kayu Jati Belanda

Wynawood Furniture dan Kerajinan

Kami dari Wynawood yang bergerak dalam bidang usaha Furniture dan Kerajinan beralamat di Jalan Kaliurang KM 13 Yogyakarta, menerima pemesanan berbagai jenis furniture, kitchen set, almari, meja kursi serta kerajinan dari kayu seperti kotak cincin kayu, kotak jam tangan kayu, pigura kayu dan lain sebagainya. Bahan yang digunakan sesuai permintaan dari pengguna.  Berbagai jenis kotak kayu juga kami produksi beberapa contohnya adalah  Kotak Cincin Kayu Jogja B1, kotak kayu cincin jogja yang terbuat dari kayu jati dengan finishing natural. Produk yang kedua adalah Kotak Cincin Kayu Jogja B2 terbuat dari jenis-jenis kayu dengan sentuhan serat alami yang dimiliki oleh kayu yang digunakan. Kotak cincin kayu jogja yang lain adalah kotak cincin kayu jogja C1 yang terbuat dari kayu jati belanda. Kotak cincin kayu jogja D1 merupakan kotak cincin kayu jogja yang dikerjakan dengan finishing cat duco. Pemesanan Khusus Kotak Cincin Kayu Jogja D1 (Finishing Duco, minimal 100 pcs)

Silahkan menghubungi kami via Whatsapp di nomor +62817209980, dengan senang hati kami akan melayani anda dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga Artikel Kami Mengenai Kotak Cincin Kayu Jogja, dan Pengenalan Bahan Dasar beserta Proses Finishing di:

Furniture Kayu Jati Belanda
Desain Sendiri Wyna Kotak Cincin Kayu Jogja Sesukamu
Wyna  Kotak Cincin Kayu Jogja B1 dengan Berbagai Pilihan Finishing
Mengenal Jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia – Kayu Jati


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top