Jalan Kaliurang KM 13 Yogyakarta Indonesia +62 817209980

Post

Menjadi Entrepreneur itu Tidak Mudah, Mengapa Mereka Para Pelaku UKM memilihnya?

Menjadi Entrepreneur itu tidak mudah,

Kenapa mereka para Pelaku UKM memilihnya?

 

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta atau di singkat DISKOP UKM DIY  pada awal tahun ini menyelenggarakan Expo UKM Istimewa 2019 yang diadakan pada 14 – 16 Februari 2019. Dalam kegiatan Expo UKM Istimewa 2019 terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi  seminar, talkshow, workshop, bazaar dan panggung expo.

Kegiatan Expo UKM Istimewa 2019 dilaksanakan di halaman depan Kantor Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta  atau di depan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu  (PLUT-KUMKM DI Yogyakarta). Terbagi menjadi 3 (tiga) lokasi yakni di selasar tengah kantor Kantor Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta, di halaman depan PLUT-KUMKM, dan bagian dalam dari gedung PLUT-KUMKM.

Area selasar terdiri dari berbagai macam produk-produk UMKM baik produk pangan dan non pangan. Di area depan gedung PLUT-KUMKM, selain bazaar produk juga terdapat panggung bazaar / hiburan. Bagian dalam dari gedung PLUT-KUMKM juga digunakan untuk menampilan produk UMKM dan juga ada tempat untuk konsultasi mengenai layanan keuangan.

Acara Seminar dalam Expo UKM Istimewa 2019

Dalam Expo UKM Istimewa 2019 acara seminar memiliki beberapa tema yakni  tentang “Menjadi Entrepeneur itu Asyik” yang dipaparkan oleh tim dari Bank BPD DIY dan “Pintar Menangkap Peluang Bsinis Repackaging” yang disampaikan oleh dikemas.com dan RPX Logistic. diKemas.com merupakan Peruahaan e-commerce yang fokus memberikan solusi kemasan bagi UMKM. Solusi yang diberikan dari dikemas.com berupa produk bahan kemasan, mesin kemasan, jasa kemasan, maklon, desain kemasan dan solusi kemasan lainnya.  Kedua acara seminar tersebut diadakan di Aulat PLUT-KUMKM yang berada di lantai dua gedung PLUT-KUMKM DI Yogyakarta.

Talkshow Expo UKM Istimewa 2019

Talkshow yang diadakan meliputi beberapa tema yaitu Pinter Literasi Keuangan ,UKM Naik Kelas, Pintar Mengelola Keuangan untuk UKM, Sukses Bisnis Fashion Batik dan Gerakan Kewirausahaan Nasional. Dua tema talkshow Pintar Literasi Keuangan dan Pintar Mengelola Keuangan untuk UKM disampaikan oleh tim dari jurnal.id yang merupakan perusahaan penyedia software akuntansi online sehingga dengan aplikasi tersebut dapat mempermudah transaksi dan pembukuan usaha.

UMKMJogja yang merupakan wadah komunitas bagi para pelaku ataupun calon pelaku usaha, serta penggiat di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Yogyakarta dan Jawa Tengah menyampaikan talkshow dengan tema UKM Naik Kelas.  Dengan berkembanganya teknologi informasi dimana banyak informasi yang lebih bergeser kedunia online, umkmjogja membentuk platform yang menyediakan informasi data para pelaku UMKM. Di umkmjogja.id para pelaku UMKM bisa berbagi peluang bisnis, tips usaha dan kisah sukses. Produk usaha juga bisa ditampilkan dalam direktori UMKMDIY. Pemasaran di marketplace umkmjogja.id diharapkan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas sehingga UMKM bisa naik kelas.

Workshop Expo UKM Istimewa 2019

Beberapa workshop juga dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Expo UKM Istimewa yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta di area gedung PLUT-KUMKM DI Yogyakarta, diantaranya adalah workshop foto produk bersama Minni_Gunawan (Fujigirlssquad), foto produk menggunakan smartphone bersama Yogie Bowie dan  Cara Membuat Content Writing yang Menjual bersama Tim Google Gapura Digital.

Stand Expo UKM Istimewa 2019

Para pengisi stand di acara Expo UKM Istimewa 2019 adalah para pelaku UMKM yang berada di wilayah DI Yogyakarta.  Produk yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari kuliner, fashion  dan kerajinan. Kuliner memang tidak terlepas dari sebuah acara pameran, kuliner selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah acara pameran. Bagaimana tidak, berbagai macam minuman khas ada disini, dari es cendol, minuman jamu instan, es cao kelor, kopi dan berbagai produk minuman lainnya.

Menu makanan yang ditawarkan juga beraneka ragam, banyak inovasi produk dari para pelaku UMKM.  Untuk menikmatinya, di acara Expo UKM Istimewa 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta juga terdapat panggung expo atau bazaar yang berada di depan gedung PLUT-KUMKM DI Yogyakarta, di panggung ini selain diadakan talkshow, juga digunakan sebagai panggung hiburan musik, bagi para pengunjung juga bisa turut serta berpartisipasi mengisi acara hiburan tersebut.

 

 

Jenis makanan kering / camilan sudah dikemas dalam bentuk yang beragam, bahkan sudah ada yang menggunakan kaleng untuk pengemasannya. Fashion dan kerajinan juga sangat menggoda mata, kreasi-kreasi dari para pelaku usaha sungguh sangat kreatif dengan hasil yang begitu menawan.

 

Kenapa Menjadi Entrepreneur?

Banyak jalan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan penghasilan.  Setiap hal yang dikerjakan seseorang intinya adalah untuk memenuhi kebutuhan. Menjadi karyawan atau pengusaha itu adalah pilihan, latar belakang juga sangat berpengaruh. Pengusaha dan karyawan adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan, pengusaha yang sudah mempunyai jejaring besar akan membutuhkan karyawan untuk menjalankan usahanya. Sehingga entrepreneur sangat berperan dalam mengembangkan pemberdayaan tenaga kerja.

 

Mudahkah  Menjadi Seorang Entrepreneur?

Latar belakang wirausaha  sangatlah berpengaruh, apalagi mereka yang benar-benar berasal dari keluarga keturunan pengusaha, sehingga pendidikan maupun karakter bisnis memang sudah ditanamkan sejak dini. Mencetak karakter seorang wirausahawan itu tidaklah mudah. Hal mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap pengusaha adalah optimis.

Jika seorang entrepreneur tidak memiliki sikap optimis, maka ia sudah pasti akan berada dalam masalah. Sikap optimis bisa didapatkan dari mana saja, baik dari  pendidikan maupun dari pengalaman.

Saat ini, di era digital banyak sekali kegiatan coaching business, para pengusaha pemula bisa memulainya dari sini untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana memulai usaha.

 

Peranan dari Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DI Yogyakarta

Di Yogyakarta sendiri, Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta memiliki Pusat Layanan Unit Terpadu yang merupakan lembaga penyedia jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM yang berada di D.I Yogyakarta.

Bagi para pengusaha pemula dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membuka usahanya kepada para konsultan PLUT.  Layanan yang diberikan oleh Konsultan PLUT Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta meliputi pengembangan SDM KUMKM, Manajemen Usaha, Peningkatan Kualitas Produk, Kemitraan Usaha dan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

 

Entreprenur itu?

Seorang entrepreneur juga harus mempunyai IQ (intelligence quotient) yang tinggi. IQ adalalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis. (sumber Wikipedia).

Sehingga seorang entrepreneur harus mempunyai kemampuan menalar dan merencanakan usahanya, apa usaha yang akan digeluti dan prospek kedepan. Seorang entrepreneur harus bisa menuliskan semua rancangan tersebut dalam sebuah program kerja.  Berfikir rasional, seorang entrepreneur juga harus mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah ini akan terkait dengan berbagai bidang maupun sektor, tergantung dari masalah yang dihadapi dalam bidang usahanya. Daya tangkap yang tinggi juga harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk melihat peluang usaha. Tidak semua orang bisa menangkap peluang usaha, hanya orang-orang yang mempunya pola pikir kedepan yang dapat menangkapnya.  Tidak berhenti belajar adalah salah satu hal yang harus dimiliki seorang entrepreneur, karena setiap usaha selalu mengalami fase perubahan.

 

Menjadi Entrepreneur itu Keren?

Bagaimana tidak keren? Hanya orang-orang terpilih yang bisa menjadi entrepreneur, mereka yang mempunyai jiwa optimis. Mempunyai visi dan misi yang jelas, juga siap memecahkan setiap masalah dalam usahanya. Entrepreneur tidak pernah berhenti belajar untuk mengembangkan usahanya.

 

(c) _ann_

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top