Jalan Kaliurang KM 13 Yogyakarta Indonesia +62 817209980

Post

Wyna Kotak Cincin Kayu Jogja B2 dengan Sentuhan Serat Alami

Kotak cincin kayu jogja B1 yang merupakan produk pertama kamu lebih mengedepankan hasil dengan teknik finishing transparan. Kali ini produk yang kedua yakni kotak cincin kayu jogja B2 lebih menekankan hasil akhir tanpa finishing atau hanya menonjolkan serat alami dari kayu.

Untuk pemilihan produk kotak cincin kayu jogja B2 ini hasil akhir hanya benar-benar di peroleh dari jenis kayu yang digunakan. Untuk itu, sebelum pada pemilihan bahan untuk pembuatan produk kotak cincin kayu jogja B2 ini, kita harus benar-benar mengenal jenis serat kayu yang akan digunakan untuk pembuatan kotak cincin kayu jogja B2 sehingga menghasilkan produk yang benar-benar indah dalam hal serat kayu.

kotak cincin kayu jogja

Kotak Cincin Kayu Jogja B2

 

Jenis-jenis Kayu

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis serat kayu, tentunya kita akan mengenali jenis kayu terlebih dahulu untuk mendapatkan corak yang maksimal untuk produk kotak cincin kayu jogja B2. Karena produk kotak cincin kayu jogja B2 ini hanya mengandalkan serat atau corak alami dari kayu itu sendiri.

Jenis kayu komersial yang paling sering digunakan dalam pekerjaan kayu adalah kayu jati, bangkirai, kamper, meranti, merbau, sungkai, sonokeling, kayu kelapa dan  kayu ulin. Jenis-jenis kayu ini dikenal memiliki keunikan serat, warna, kekuatan serta keawetannya.

Saat ini material-material kayu tersebut penggunaannya diawasi oleh pemerintah. Sebagai contoh kayu jati dapat diperoleh dari perhutani yang berasal dari hutan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain kayu jati, kayu yang berasal dari pulau Jawa adalah kayu sungkai, mahono dan sonokeling. Kayu kamper, bangkirai dan meranti berasal dari Kalimantan. Kayu kelapa lebih banya ditemukan di pulai Sulawesi, walaupun di sebagian pulau Jawa juga terdapat pohon kayu kelapa. Sedangkan kayu yang berasal dari Papua adalah kayu merbau.

 

Jenis-jenis serat kayu

Kayu Jati

Kayu dengan serat dan tekstur paling indah dimiliki oleh kayu jati bila dibandingkan dengan kayu-kayu lokal Indonesia lainnya. Kayu ini banyak digemari karena memiliki karakteristik yang stabil, kuat dan tahan lama, tanpa sentuhan yang terlalu banyak, kayu ini cocok sekali digunakan untuk produk kotak cincin kayu jogja B2. Selain itu, kayu jati juga terbukti tahan terhadap jamur, rayap dan serangga lainnya yang dikarenakan adanya kandungan minyak dalam kayu jati. Faktor yang mempengaruhi harga kayu jati diantaranya asal, ukuran, kriteria batasan kualitas kayu yang dapat ditoleransi diantaranya, adanya mata sehat, mata mati, doreng dan putih. Pada pembuatan produk kotak cincin kayu jogja B2, cacat-cacat yang berada di dalam kayu sebenarnya akan memberikan nilai tersendiri pada produk kotak cincin kayu  jogja B2.

kotak cincin kayu jogjaKayu Serat Jati Doreng

kotak cincin kayu jogjaKayu Jati dengan Serat Corak Putih

kotak cincin kayu jogjaKayu Jati Serat Mata Mati

kotak cincin kayu jogjaKayu Jati Serat Mata Sehat

kotak cincin kayu jogjaKayu Jati Serat Lurus

kotak cincin kayu jogjaKayu Jati Serat Mahkota

Kayu Bangkirai

Jenis kayu bangkirai termasuk kedalam jenis kayu yang cukup kuat dan awet. Karena mempunyai  sifat yang keras, kayu bangkirai juga mempunyai tingkat kegetasan yang tinggi sehingga hal ini akan memudahkan munculnya retak rambut dipermukaan kayu. Pin hole sering sekali dijumpai pada jenis kayu ini.  Pin hole dan retak rambut yang terdapat pada kayu ini bisa ditutupi  dengan wood filler saat pengaplikasiannya. Pin hole secara structural tidak mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri. Kayu ini kurang cocok jika di aplikasikan untuk pembuatan kotak cincin kayu jogja B2 karena tingkat kegetasan yang tinggi dengan desain yang mungil. Kayu ini bisa digunakan untuk produk kotak cincin kayu jogja B2 dengan ukuran yang besar.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Bangkirai

Kayu Kamper

Untuk harga yang lebih terjangkau, kayu kamper menjadi pilihan alternative yang digunakan untuk jenis kayu di Indonesia.  Kayu kamper memiliki serat kayu yang halus dan indah meskipun kayu ini tidak setahan lama kayu jati dan sekuat kayu bangkirai. Retak rambut jarang sekali ditemukan pada jenis kayu ini karena kayu kamper tidak segetas kayu bangkirai. Untuk produk kotak cincin kayu jogja B2 kayu kamper bisa digunakan hanya saja, corak yang didapat pada akhir kurang begitu terlihat.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Kamper

Kayu Meranti Merah

Warna merah muda tua hingga merah muda pucat, walaupun tidak sepucat meranti putih, ini merupakan warna khas yang dimiliki oleh kayu meranti. Kayu ini juga merupakan jenis kayu keras. Tekstur kayu ini tidak terlalu halus dan tidak begitu tahan terhadap cuaca.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Meranti Merah

Kayu Merbau

Sebagai pembanding kayu jati kayu merbau merupakan salah satu jenis kayu yang cukup keras dan stabil. Kayu ini juga tahan terhadap serangga. Kayu merbau mempunyai corak warna coklat kemerahan, dimana kadang ada highlight warna kuning dengan tekstur serat garis terputus-putus. Pohon kayu merbau banyak ditemukan pada hutan hujan tropis dan tumbuh subur di Indonesia terutama di Pulai Irian dan Papua.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Merbau

Kayu Sungkai

Kayu sungkai mempunyai tekstur yang cukup halus, mempunyai serat yang indah dan berwarna kuning pucat. Kayu sungkai cocok digunakan dalam fitur dekoratif. Pohon dari kayu sungkai ini tidak memiliki diameter yang besar.  Kayu sungkai sangat cocok untuk produk kotak cincin kayu jogja B2 karena mempunyai motif yang terang.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Sungkai

Kayu Sonokeling

Dengan warna ungu yang highlight hitam atau hitam keuangan berbelang dengan coklat kemerahan, hal ini membuat kayu sonokeling memiliki tekstur yang indah. Selain itu kayu sonokeling juga memiliki tekstur yang kuat. Kayu sonokeling sama seperti kayu jati, keberadaanya banyak di temukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur walaupun untuk jumlahnya sudah banyak berkurang.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Sonokeling

Kayu Kelapa

Kayu kelapa banyak berasal dari perkebunan kelapa yang sudah tidak produktif lagi, biasanya berumur 60 tahun keatas. Kayu ini juga merupakan salah satu kayu alternatif yang digunakan untuk menggantikan kayu-kayu jenis lainnya. Pohon kelapa termasuk kedalam jenis pohon palem, dimana semua bagian pohon kelapa berbentuk serat atau fiber yang berbentuk  garis pendek-pendek. Pada kayu kelapa tidak akan ditemukan akur serat lurus dan serat mahkota karena pada pohon kelapa semua bagiannya adalah fiber. Mata kayu juga tidak akan ditemukan pada pohon kelapa karena pohon kelapa tidak mempunyai ranting.  Corak kayu dengan warna coklat gelap ditemui pada pohon kayu kelapa yang berasal dari pulau Sulawesi, sedangkan warna coklat terang umumnya ditemui pohon kelapa yang berasal dari pulau Jawa.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Kelapa

Kayu Ulin

Kayu yang paling kuat dan keras di Indonesia dimiliki oleh kayu ulin. Kayu ini hanya terdapat di daerah pulau Kalimantan dan memiliki kualitas terbaik. Bahkan, saat ini kayu ulin penggunaanya sudah sangat dibatasi karena keberadaannya yang terus menerus berkurang. Kayu ulin memiliki ciri yang tahan terhadap cuaca, bahkan di daerah Kalimantan, kayu ulin digunakan sebagai bahan atap sirap.

kotak cincin kayu jogjaSerat Kayu Ulin

 

Wynawood Furniture dan Kerajinan

Kami dari Wynawood yang bergerak dalam bidang usaha Furniture dan Kerajinan beralamat di Jalan Kaliurang KM 13 Yogyakarta, menerima pemesanan berbagai jenis furniture, kitchen set, almari, meja kursi serta kerajinan dari kayu seperti kotak cincin kayu, kotak jam tangan kayu, pigura kayu dan lain sebagaianya. Bahan yang digunakan sesuai permintaan dari pengguna.  Pada bulan Mei 2018 kami memperkenalkan produk terbaru kami Kotak Cincin Kayu Jogja B1, kotak kayu yang terbuat dari kayu jati dengan finishing natural, produk yang kedua adalah Kotak Cincin Kayu Jogja B2 terbuat dari jenis-jenis kayu dengan sentuhan serat alami yang dimiliki oleh kayu yang digunakan.

Silahkan menghubungi kami via Whatsapp di nomor +62817209980, dengan senang hati kami akan melayani anda dengan sebaik-baiknya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top